Jumat, 10 Maret 2017

"Catatan Kaki Panjang"



"Yang dirindukan gunung yang di sana, yang ditanjakin gunung yang di sini..."
(bukan kejadian yang kekinian)

Foto ini tidak ditujukan untuk pencintraan atau penokohan perempuan kuat dan tangguh. Hanya dokumentasi ketika saya melakukan "Test The Carrier" untuk mengukur kapasitas dan kemampuan diri serta reaksi fisik saya terhadap beban itu. Dan tentu saja meski tubuh sudah menggunakan energi maksimal, tetap saja gerakan saya terhuyung-huyung untuk bisa bangkit berdiri seperti ini. Saya mencoba beberapa belas langkah menuruni bukit dan rasanya seperti hendak didorong jungkir balik. Jadi saya menyerah saja untuk kemudian memindahkan tas gunung beserta seluruh isinya tersebut ke punggung yang lain.
Kapasitas saya hanya mampu membawa beban seberat itu beberapa ratus meter di jalur datar dari anak tangga pertama kaki bukit sampai rumah penduduk tempat penitipan kendaraan.
Tapi dipengalaman beberapa ratus meter inilah saya mendapatkan sebaris catatan yang saya simpan jadi perenungan (sok aja merenung)
Berhubung jalanan yang dilewati sedang ditata dan dirapikan oleh penduduk setempat, maka penampakan saya yang melintas di depan mereka menjadi perhatian. Sebagian berkomentar "betapa hebat dan tangguhnya saya", sebagian lagi mengkritisi "betapa tega dan tidak punya hati kawan laki-laki rekan pendakian yang membiarkan saya membawa carrier sebesar dan seberat itu, sedangkan rekan saya hanya membawa Day pack 35 liter saja", bahkan ada juga yang kasian dan (mungkin sekedar basa-basi) menawarkan bantuan untuk membawakan barang di punggung saya.
Tentu saja komentar dan pandangan seperti itu membuat saya tersenyum cenga-cengir malu, karena cukup tau diri. Jadi beberapa kosa-kata sanggahanpun saya lontarkan untuk menjelaskan yang sebenarnya.
"Saya cuma bawa ini dari kaki bukit, kok... Tadi yang bawa turun, dia (nunjuk teman)"
Ada yang merespon tertawa (mungkin maklum), ada yang terdengar mendengungkan kosa-kata tidak jelas (mungkin kecele), tapi ada juga yang tetap ngotot menganggap saya "kecil-kecil keren".
Ya sudahlah...!!
Saya tidak ada kepentingan apapun dengan anggapan orang lain atas keputusan untuk membawa carrier saya sendiri.

Pelajaran moralnya :

"Manusia begitu mudah mengagumi dan mencaci, tanpa mau tau atau bertanya apa yang terjadi di balik apa yang mereka lihat dan temui. Banyak orang yang kemudian marah karena merasa ditipu, padahal tak ada sesiapa yang menipu. Orang-orang sering kali kecewa atas dugaan mereka yang salah, mereka lebih suka mempercayai apa yang mereka pikirkan dari pada kenyataan yang mereka dapatkan"
Begitulah....



____ Mataram, Desember 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar